Minggu, 07 Oktober 2012

Penjelasa Dari GPRS | IT

      GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. GPRS merupakan salah satu teknologi komunikasi data yang banyak digunakan saat ini dan juga merupakan cara untuk menghubungkan komputer ke Internet. GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile).

      Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) Internet. Layanan GPRS juga dapat dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringan GPRS saat ini terpisah dari GSM.
Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld komputer. Namun, hal tersebut sangat tergantung pada fakto-faktor, sbb :
   - Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS
   - Software yang digunakan
   - Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan

Hal ini menjelaskan pada saat-saat tertentu dan dilokasi tertentu akses GPRS terasa lambat, bahkan lebih lambat dari akses CSD yang memiliki kecepatan 9,6 kbps.

Jika merasa kurang, "silahkan klik disini"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar