Minggu, 07 Oktober 2012

Penjelasan Dari Modem | IT

Apakah yang dimaksud dengan Modem ?!

      Modem merupakan singkatan dari Modulator Demulator , yang Modulator artinya adalah bagian yang mengubah signal informasi ke dalam signal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan. Sedangkan Demulator adalah bagian yang memisahkan signal informasi (yang berisi data atau pesan) dari signal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Dan pengertian Modem dari penggabungan keduanya adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya. Namun, umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.


Data dari komputer yang berbentuk signal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi signal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa signal analog, modem tersebut berubah kembali ke signal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Signal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi ,seperti : telepon dan radio. Modem juga dapat menghubungkan dari komputer ke Internet.

 #Jenis-jenis Modem :
    1. Berdasarkan Pemasangannya ,terdiri atas ;
      - Modem Internal
      - Modem External
    2.Berdasarkan Jaringan atau Media ,terdiri atas ;
      - Modem Kabel
      - Modem Wireless

"Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini" ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar