Minggu, 07 Oktober 2012

Penjelasan Dari 3G | IT

      3G (dibaca: triiji) adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris third-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).
3G sebagai solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses :
   - sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak (mobile)
   - sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian)
   - sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik disuatu tempat

      3G juga merupakan cara untuk menghubungkan komputer ke Internet. Jaringan 3G tidak merupakan upgrade dari 2G: operator 2G yang berfiliasi dengan 3GPP perlu untuk mengganti banyak komponen untuk bisa memberikan layanan 3G. Sedangkan operator 2G yang berafiliasi dengan teknologi 3GPP2 lebih mudah dalam upgrade ke 3G karena berbagai network elementnya sudah didesain untuk kearah layanan nirkabel pita lebar (broadband wireless).

Jaringan Telepon Telekomunikasi selular telah meningkat menuju penggunaan layanan 3G dari 1999-2010. Contohnya; Jepang adalah negara pertama yang memperkenalkan 3G secara nasional dan transisi menuju 3G, di Jepang sudah dicapai pada tahun 2006. Setelah itu Korea menjadi pengadopsi Jaringan 3G pertama dan transisi telah dicapai pada awal tahun 2004, memimpin dunia dalam bidang telekomunikasi.

"Untuk lebih lanjutnya silahkan klik disini"